Daftar Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Mentah

Jenis sayuran yang bisa dumakan mentah 1. Brokoli. Bagian yang paling umum dari sayuran ini adalah bunganya...

Mengkonsumsi sayuran sangat penting bagi tubuh manusia karena sayuran mengandung vitamain, mineral, senyawa fitokimia, serat nabati, senyawa antioksidan ataupun senyawa lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Cara penyajian sayuran paling umum adalah dimasak maupun mauoun ditumis. Namun ada juga beberapa jenis yang sering disajikan dalam keadaan mentah.

Penyajian dalam keadaan mentah ini tentunya memiliki benefit tersendiri. Jika dimasak komponen yang berupa senyawa kimia yang dibutuhkan oleh tubuh akan pecah karena panas. Namun ada juga kerugian yang bisa didapatkan, seperti jika sayuran tersebut tidak dicuci dengan bersih bisa menyebabkan diare.

Ada banyak jenis sayuran yang bisa dimakan mentah. Namun pada tulisan ini hanya akan disebutkan beberapa saja jenis sayuran yang paling umum dan cukup mudah untuk kita dapatkan.

Jenis sayuran yang bisa dimakan mentah

1. Brokoli

Brokoli Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Mentah

Bagian yang paling umum dari sayuran ini adalah bunganya. Rasanya enak baik jika disajikan dalam kondisi matang maupun rebus. Brokoli sendiri cocok untuk dimakan dalam keadaan mentah karena mengandung senyawa Sulforaphane dalam jumlag tinggi.

Senyawa ini akan pecah karena saat dimasak sehingga jumlahnya akan berkurang. Padahal senyawa ini memiliki peran yang sangat penting seperti mencegah kanker, diabetes, penyakit jantung, pembengkakan dan depresi.

2. Kol

kol Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Mentah

Kol atau kubis merupakan sayuran yang paling banyak kita temukan disajikan dalam keadaan mentah. Biasanya disajikan di warung-warung jawa dan sunda dengan sebutan lalapan.

Kol sendiri mengandung enzim yang bernama Myrosinase yang bisa mencegah penyakit kanker. Memasak sayuran bisa memecah enzim Myrosinase ini. Maka dari itu dianjurkan untuk mengkonsumsi kol dalam keadaan mentah.

3. Bawang putih

Bawang putih Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Mentah

Bawang putih umumya bersama sayuran lain. Namun siapa sangka bawang putih ini lebih baik jika dimakan dalam keadaan mentah karena bawang putih ini mengandung senyawa Allicin yang yang bisa mencegah kanker dan juga antiplatelet yang bisa mencegah penyakit jantung.

Sayangnya senyawa ini sangat rentan terhadap panas sehingga sangat baik jika dimakan dalam keadaan mentah. Hanya saja jangan terlalu berlebihan karena bawang putih juga bisa memberikan dampak negatif bagi tubuh.

3. Bawang merah

Bawang merah Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Mentah
<[>Sama halnya dengan bawang putih, bawang merah juga memiliki agen antiplatelet yang tidak tahan dengan panas. Sebuah jurnal penelitian menunjukkan bahwa memanaskan bawang merah 392 derajat farenheit selama 6 menit akan menkan aktifitas antiplatelet.

4. Bawang bombai

Bawang bombai Sayuran Yang Bisa Dikonsumsi Mentah

Bawang bombai sangat cocok dimakan mentah. Sama halnya dengan bawang putih dan bawang merah, bawang bombai kaya dengan vitamin, mineral, zat antioksidan serta serat. bawang bombai memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti mencegah kanker prostat, mengencerkan darah dan memadatkan tulang.

LihatTutupKomentar